Selasa, 11 Desember 2012

BREAKDANCE









Breakdance adalah salah satu unsur dari 5 unsur hip-hop yaitu mc,gravity,dj dan streetball.Breakdance memiliki macam-macam gerakan dasar/basic seperti top rock/up rock,footwork,freeze dan power moves.Breakdance memiliki macam-macam istilah/nama lain seperti breaking dan bboying.Breakdance datang dari Bronx,New York.Istilah " B-boy atau B-boying " dibuat oleh Kool Herc.B-boys memiliki arti break boy atau orang-orang yang melakukan breakdance.Seorang B-Boy harus bisa menguasai seluruh element gerakan/moves dalam breakdance.Ini masih menjadi kontroversi hingga kini dimana ada sebagian B-boy yang fokus pada Powermoves dan ada sebagian B-boy yang hanya fokus pada style dan skill individual seperti footwork dan freeze.Breakdance dulu bernama " Good Foot from James Brown ".Nigger Twins,Clark Kent dan Zulu Kings adalah nama-nama B-boy yang terkenal pada zamannya.Sayang pada tahun 1977 breakdance mulai hilang dan tidak terdengar lagi.Pada tahun 1990 breakdance kembali mulai terdengar dengan B-boy generasi terbaru.Breakdance datang kembali dengan gerakan-gerakan/moves baru seperti backspins dan windmills.Popularitas film-film Kung Fu seperti Bruce Lee juga banyak memberikan pengaruh pada moves-moves breakdance sebut saja seperti moves " chinese " dan tidak hanya Kung Fu,Capoera pun juga memberikan pengaruh pada moves breakdance.Pada tahun 1983 terdapat film yang pertama kali membahas breakdance yaitu Flashdance.Istilah " B-boying " berubah menjadi " Breakdance " dan menjadi sangat populer oleh media.Banyak orang berpendapat bahwa the godfather nya Breakdance adalah James Brown karena gaya menari yang dia tunjukkan banyak membuat kagum orang banyak.Dan musik-musik Breakdance atau biasa disebut Break Beats banyak yang terpengaruh oleh musik James Brown


Tahun 1970 Kota Los Angeles san New York menjadi saksi kelahiran breakdance.Di New York ada DJ Herc,DJ Hip Hop pertama.Pionir B-boy di new york dan L.A adalah para geng yang mempertahankan diri dari serangan lawan.Karena itu banyak moves yang memperlihatkan keagresifan dan kekerasan selama di tahun ini.Sebagai contoh " Up Rock " terlihat sperti gerakan Kung Fu.Uprock adalah salah satu bagian/gerakan pertama di Breakdance.Dari Uprock kemudian menyebar menjadi moves-moves baru.Ketika banyak anak-anak muda banyak yang mulai melakukan breakdance,menjadi salah satu faktor cepatnya berkembang breakdance dan dengan breakdance mereka bisa mendapatkan uang dari penampilan mereka,selain ada menjadi resiko bagi hidup mereka untuk menjadi gangster.Seiring berjalannya waktu banyak B-boy yang melakukan " Battle " yaitu kompetisi antar tim/crew bisa jadi 1 on 1,3 on 3 atau 5 on 5.Sayang,media ketika itu mengidentikkan Hip-Hop dengan citra negatif seperti kekerasan,kriminal dan tukang buat masalah.Para dancer lokal New York memiliki tarian yang lebih halus yang dinamakan Popping,yang masih eksis hingga sekarang.Yang akhirnya populer di dalam disko dan pada tahun 1970.Pada waktu itu dinamakan The Robot








. 1990’s











Toprocks menampilkan gerakan yang membtuhkan fleksibilitas, gaya , dan yang paling penting irama. Tarian ini biasa digunakan pada awal pertunjukkan sebagai pemanasan beberapa gaya akrobatik lain. Dowrock biasanya ditampilan dengan posisi tangan dan kaki pada lantai. Pada downrock, seorang breaker menampilkan perputaran tubuh dengan kecepatan kaki dan kontrol dengan cara mengkombinasi gerakan kaki. Kombinasi ini akan menampilkan gaya yang disebut power moves;;
Berkas:Tia en el pogo.jpg
The windmill adalah gerakan populer daripower move.
Power Move adalah gerakan yang membutuhkan momentum dan kekuatan fisik untuk menjalankannnya. pada power move, breaker lebih bergantung pada kekuatan tubuh bagian atas untuk menari, menggunakan tangan untuk bergerak. Power Move terdiri dari Windmill, Swipe, dan Flare. Beberapa gerakan meminjam

Toprock mengacu pada setiap rangkaian langkah-langkah yang dilakukan dari posisi berdiri. It is usually the first and foremost opening display of style, and it serves as a warm-up for transitions into more acrobatic maneuvers. Biasanya yang pertama dan terutama pembukaan menampilkan gaya, dan berfungsi sebagai pemanasan untuk transisi menjadi lebih akrobat manuver. Toprock is very eclectic and can draw upon many other dance styles. Toprock sangat beragam dan dapat menarik pada banyak gaya dansa. Though commonly associated with popping and locking (two elements of the funk styles that evolved independently in California during the 1970s) breaking is distinct from both, as its moves require a greater sense of athleticism—as opposed to the contortion of limbs seen in the funk styles. Meskipun umumnya terkait dengan popping dan locking (dua elemen dari gaya funk yang berevolusi secara independen di California pada 1970-an) melanggar berbeda dari keduanya, sebagai bergerak memerlukan rasa yang lebih besar athleticism-sebagai lawan dari liuk anggota badan terlihat di funk gaya. Breakers who wish to widen their expressive range, however, may dabble in all types of hip-hop dance . Pelanggar yang ingin memperluas jangkauan mereka ekspresif, bagaimanapun, mungkin mencoba-coba di semua jenis tarian hip-hop. Downrock (or "floorwork") includes all footwork performed on the floor such as the foundational 6-step . Downrock (atau "floorwork") memuat segala gerak kaki dilakukan di lantai dasar seperti 6-langkah. It typically involves complicated contortions of the lower body and may be as highly variable and personalized as toprock. Ini biasanya melibatkan contortions rumit dari tubuh bagian bawah dan dapat sebagai sangat bervariasi dan personal sebagai toprock. Downrock transitions into more athletic moves known as power moves. Downrock transisi menjadi lebih atletis bergerak yang dikenal sebagai kekuatan bergerak.
Power Moves are actions that require momentum and physical power to execute. Power Moves adalah tindakan yang membutuhkan momentum dan kekuatan fisik untuk mengeksekusi. The breaker is generally supported by his upper body, while the rest of his body creates circular momentum. Para pemutus umumnya didukung oleh bagian atas tubuhnya, sementara sisa tubuhnya melingkar menciptakan momentum. Notable examples are the windmill , swipe , head spin, and flare . Contoh penting adalah kincir angin, babatan, kepala berputar, dan suar. Some moves are borrowed from gymnastics (such as the flare) and martial arts (such as the butterfly kick ). Beberapa bergerak yang dipinjam dari senam (seperti suar) dan seni bela diri (seperti kupu-kupu tendangan).
Freezes/Suicides signal the end of a b-boy set. Freezes are stylish poses, and the more difficult require the breaker to suspend himself or herself off the ground using upper body strength in poses such as the pike . Membeku / Suicides menandakan akhir dari sebuah b-anak laki-laki ditetapkan. Membeku adalah gaya pose, dan yang lebih sulit memerlukan pemutus untuk menangguhkan dirinya sendiri di atas tanah dengan menggunakan kekuatan tubuh bagian atas dalam pose seperti tombak. Alternatively, suicides can also signal the end to a routine. Atau, bunuh diri juga dapat menandakan akhir sebuah rutinitas. Breakers will make it appear that they have lost control and fall onto their backs, stomachs, etc. The more painful the suicide appears, the more impressive it is, but breakers execute them in a way to minimize pain. Pemutus akan membuatnya tampak bahwa mereka telah kehilangan kendali dan jatuh ke punggung, perut, dan lain-lain lebih menyakitkan bunuh diri muncul, yang lebih mengesankan itu, tapi pemecah mengeksekusi mereka dengan cara untuk meminimalkan rasa sakit. In contrast to freezes, suicides draw attention to the motion of falling or losing control, while freezes draw attention to a controlled final position. Berbeda dengan membeku, bunuh diri menarik perhatian pada gerak jatuh atau kehilangan kontrol, sementara membeku menarik perhatian pada posisi terakhir yang terkontrol.

Power vs style Power vs gaya
Multiple stereotypes have emerged in the breaking community over the give-and-take relationship between technical footwork and physical prowess. Beberapa stereotip telah muncul dalam pemecahan masyarakat atas memberi-dan-menerima hubungan antara gerak kaki teknis dan kecakapan fisik. Those who focus on dance steps and fundamental sharpness (but lack upper-body brawn, form, discipline, etc) are labeled as "style-heads". Mereka yang berfokus pada langkah-langkah tari dan fundamental ketajaman (tetapi tidak memiliki otot tubuh bagian atas, bentuk, disiplin, dll) diberi label sebagai "gaya-kepala". Specialists of more gymnastics oriented technique and form—at the cost of charisma and coordinated footwork—are known as "power-heads." Ahli senam lebih berorientasi teknik dan bentuk-pada biaya karisma dan terkoordinasi gerak kaki-yang dikenal sebagai "kekuasaan-kepala." Such terms are used colloquially often to classify one's skill, however, the subject has been known to disrupt competitive events where judges tend to favor a certain technique over the other. Istilah bahasa sehari-hari sering digunakan untuk mengklasifikasikan seseorang keterampilan Namun, subjek telah diketahui mengganggu kegiatan kompetitif di mana para hakim cenderung mendukung teknik tertentu atas yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar